Pengaruh Sutet terhadap medan magnet Bumi di Pelabuhan Ratu

Oleh : Abdi Jihad
Jurusan Geofisika Angkatan 42
Akademi Meteorologi dan Geofisika
 

Medan anomaly magnet merupakan sebagian dari medan magnet yang disebabkan ketidakteraturan dari distribusi material yang bersifat magnetis yang terdapat pada kulit bumi. Sifat bumi yang heterogen terlihat dari adanya anomaly sampai kedalaman beberapa puluh kilometer. Anomali ini biasanya bersifat local sehingga tidak terlihat pada peta-peta hasil survey magnet secara regional.

physics.sjsu.edu

sumber gambar :physics.sjsu.edu

Data anomaly local diperoleh melaui hasil selisih dari harga absolute magnet dengan harga diurnal yang merupakan harga magnet yang direkam oleh sensor selama dilakukan survey, kemudian selisih tersebut dikoreksi normal dengan dikurangi harga annualnya yang diperoleh dari data table IGRF. Data anomali magnet lokal yang diperoleh berdasarkan pengukuran secara acak disebabkan kondisi dilapangan yang tidak memungkinkan untuk dilakukan  pengukuran kuat medan magnet total sehingga dilakukan interpolasi data untuk menghasilkan data yang baik. Dengan menggunakan software Surfer 8 dilakukan pembuatan kontur anomali magnet lokal.

www2.kompas.com

SUTET. sumber gambar : www2.kompas.com

Dengan membuat line yang menghubungkan antara lokasi SUTET sampai daerah yang memiliki nilai anomaly positif, dilakukan pegukuran jarak pengaruh SUTET terhadap nilai kuat medan magnet total di Sta.obs.geofisika Pelabuhan Ratu.Melalui rumusan Sbb;

jarakSetelah dilakukan perhitungan didapat bahwa jarak pengaruh sutet di Sta.Obs.Geofisika Pelabuhan Ratu sejauh 284 m. Dari hasil yang didapat disimpulkan bahwa pengaruh sutet berkurang terhadap jarak. 

One response to this post.

  1. Posted by muth on May 25, 2009 at 1:53 pm

    ada lagi yang paling pas untuk mengukur induksi dengan gauss meter akan saya coba dengan taruna tahun depan..biar asik

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: