Sebelum Gempa Besar Bengkulu, Terjadi Perubahan Perbandingan Kecepatan Gelombang pada gempa-gempa pendahulunya

 Oleh Dede Sunarya

Jurusan Geofisika Angkatan 42 

Akademi Meteorologi dan Geofisika

 

Gempa bumi merupakan getaran lapisan batuan yang patah yang  energinya menjalar melalui badan dan permukaan bumi berupa gelombang seismik. Terjadinya gempa bumi yang signifikan akan didahului dengan perubahan stress dan strain. Tetapi perubahan ini sulit diamati karena keterbatasan peralatan. Perubahan Stress dan strain berkaitan dengan perubahan gelombang seismic dalam hal ini kecepatan gelombang primer (Vp) dan kecepatan gelombang sekunder (Vs) dari gelombang seismic, sehingga untuk melihat perubahan stress dan strain  tersebut dapat dilakukan dengan mengamati perubahan Vp/Vs.

 

earthquakes.bgs.ac.uk

sumber gambar : earthquakes.bgs.ac.uk

 

 

Penelitian ini perlu dilakukan di daerah Bengkulu mengingat wilayah Bengkulu dan sekitarnya merupakan daerah rawan gempa bumi. Penelitian ini mengamati perubahan nilai Vp/Vs tiap bulannya antara bulan Mei hingga Desember berdasarkan data dari Pusat Gempa Nasional BMKG dengan menggunakan diagram wadati.

 

detik.com

sumber gambar : detik.com

 

 

 Hasil dari penelitian ini ternyata terjadi perubahan kecepatan gelombang seismic yang dinyatakan dengan perubahan nilai Vp/Vs per bulannya sebelum, saat dan setelah terjadinya gempa Bengkulu tanggal 12 September 2007. Dari hasil penelitian, kenaikan nilai Vp/Vs terbesar terjadi antara bulan Agustus menuju September. Sedangkan penurunan terbesar antara bulan September menuju Oktober. Dengan perubahan harga Vp/Vs yang cukup besar dari bulan Agustus ke September ternyata mengindikasikan gempa besar pada bulan September tepatnya pada tanggal 12 September 2007.

5 responses to this post.

  1. apakah itu merupakan suatu pertanda awal gempa?

    dapatkah dipakai dalam gempa2 lainnya bung?

    Reply

    • Posted by geofisika42 on February 11, 2009 at 2:28 am

      Terima kasih Bung Ade.
      ini merupakan pertanda yang tidak dapat dilihat dari permukaan bumi.
      tetapi satu hal yang perlu diingat, karena penelitian ini baru dibatasi untuk gempa bengkulu, saya hanya dapat menyimpulkan untuk daerah bengkulu.

      disisi lain kondisi geologis batuan juga sangat berpengaruh. Secara teori, jika jenis batuannya berbeda, maka nilai perbandingan kecepatan gelombang gempa juga berbeda (gelombang P dan S). Karena kecepatan gelombang juga nergantung kepada kerapatan batuan.

      Reply

  2. kenapa banyak gempa di sumatra?

    Reply

    • Posted by geofisika42 on February 11, 2009 at 2:33 am

      Terima kasih saudara desta.
      banyaknya gempa di sumatera disebabkan oleh kultur geologi daerah Sumatera sendiri. dimana terdapat sesar yang memanjang seolah-olah membelah pulau sumatera
      sesar ini aktif memicu gesekan dan menghasilkan gempabumi.
      kondisi kompleks juga terjadi sejajar dengan garis pantai selatan hingga barat sepanjang sumatera. yang terdapat zona penunjaman lempengan bumi . lempengan yang saling menunjam tersebut adalah lempeng Indo australia dan lempengan Eurasia. keduanya bergerak relatif satu sama lain.
      menambah jumlah mesin pemicu gempabumi.

      Reply

  3. Posted by sige on March 10, 2009 at 10:34 am

    menmabahkan sedikit..tulisan ini belum bisa memaksimalkan informasi dini akan adanya kejadian gempa karena memang analisanya setelah data gempanya diterima, tetapi bisa untuk membantu membuat kesimpulan bahwa ternyata pada saat,sebelum dan sesudah gempa “besar” ternyata terjadi perubahan b_value dari komparasi data kecepatan gelombang P dan gelombang S.
    Pemakaian untuk gempa lain bisa saja dengan metode yang sama tinggal merubah “data coverage” nya untuk daerah mana yang dikehendaki.tks

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: